'Couture for Culture' (www.thedramaturge.com)

Kebaya Avantie VS Kebaya Bordir Encim (Avantie part two)

 

 

Kenapa ngga ada yang milih kebaya encim buat wedding dress?

Kenapa mostly kebaya encim pasti buat acara lamaran doang……….

Why????

Padahal susah juga cara pembuatannya….(tapi bordir  yang manual ya…. bukan yang komputer)

Kebaya encim yang di bordir tangan manual qualified banget hasilnya…bordirannya halus…kuat…dan terlihat mewah…apalagi kalau motif nya super cantik

Sayangnya kebanyakan kebaya encim sekarang….ya…..gitu-gitu aja

Cantik sih…tapi boring…se boring saya melihat kebaya resepsi ala Avantie.. hehe..

 

Tadi  saya melihat tabloid “Femme” edisi Juni 2012..

Kebaya nya keren… didominasi bordir manual (ketimbang aplikasi brokat ala avantie yang masih jadi trend sampai sekarang)

 

 

Sayang nya saya belum sempat melihat ke dalam untuk mencari tahu siapa perancang nya…

Menurut saya ini inovatif  ya….walaupun pada akhirnya jatuhnya bukan kebaya…lebih ke modern gown..tapi..tetep..baju keren banget..

Apa yang membuat nya berbeda dengan kebaya Avantie dimata saya?

Yang jelas saya kepincut dengan aplikasi bordirnya…motifnya bagus

Bagaimana desainer kebaya ini bisa membuat motif sebagus itu…lalu di aplikasikan secara cantik dengan model baju yang unik….Wuuiih

Saya membayangkan kebaya encim dengan modifikasi-modifikasi menyerupai gown di atas…pasti keren!! Potensial untuk merubah trend Avantie  :p

Tantangan ya… di satu sisi kebaya encim itu harus menutup tubuh (tidak transparan dan buka-bukaan seperti kebaya) di satu sisi harus terlihat modern…biar nggak gitu-gitu aja….bosen kan kalau ngeliat kebaya encim…(except motif bordirnya harus keren buangeeet)

 

 

Merujuk tulisan saya yang diambil dari harian pikiran rakyat (lihat beberapa postingan sebelum ini) maka sebenarnya potensi dari kebaya encim ini sangat besar, kita bisa menggunakan perajin-perajin manual bordir tasik (bordir kejek) untuk membuat kebaya-kebaya encim super mewah…super keren…super mahal…dan yang terpenting menemukan  pasar nya dan tentunya banyak peminatnya… Woo hooo….Luar biasa..Kalau perlu dijadikan produk ekspor…menguntungkan perajin bordir manual juga kaan?? yang sudah terancam bakal terlibas derasnya trend bordir komputer

Once more..tantangan..

Tapi pasti bisa..

Saya berencana mengangkat ini sebagai thesis project….

Kira-kira apa pisau bedahnya ya…ada yang bisa bantu?

 

 

Tinggalkan Balasan

