'Couture for Culture' (www.thedramaturge.com)

#1 The Dramaturge- Review Thesis Topic

 www.thedramaturge.com

PEMANFAATAN GAYA BUSANA PENGANTIN WANITA TRADISIONAL SURAKARTA PADA PENGEMBANGAN PRODUK (BRAND) BUSANA PENGANTIN WANITA MODERN DI KOTA JAKARTA DENGAN MENGGUNAKAN ANALISIS EMOTIONAL BRANDING

(STUDI KASUS: LABEL THE DRAMATURGE)

Menjamurnya industri busana pengantin di Indonesia terutama di kota Jakarta menuntut sebuah label untuk memiliki pencitraan atau brand produk yang kuat agar dapat bersaing di tengah ketatnya kompetitor.

Label The Dramaturge pada awalnya merupakan sebuah label untuk kostum panggung (costume design) dan adi busana (haute couture), namun kondisi pasar yang tidak mendukung membuat label ini mengganti haluannya menjadi busana pengantin dan seragam kebaya (wisuda maupun acara pernikahan).


 

Konsep yang ditawarkan oleh label ini adalah busana pengantin dan kebaya dengan harga yang terjangkau, unik dan konsep pengerjaan satuan (private order). Target market yang di ambil adalah pasar menengah dan menengah-atas. Dalam prosesnya, strategi tersebut ternyata tidak memberikan banyak hasil atau profit yang maksimal, beberapa faktor yang mempengaruhi adalah kondisi pasar, harga, dan brand. Harga yang murah dengan segmentasi pasar menengah membuat The Dramaturge tidak jauh berbeda dengan busana pengantin kebanyakan bahkan kalangan menengah tersebut lebih memilih untuk membeli produk busana pengantin di pusat-pusat grosir seperti Pasar Tanah Abang, Jakarta.

Gambar

Tujuan dari penelitian ini adalah menciptakan dan memperkuat pencitraan brand bagi label The Dramaturge dengan memanfaatkan inspirasi gaya busana pengantin wanita tradisional Surakarta, sehingga label ini dapat diterima oleh pasar kalangan atas dan meningkatkan profitnya.

Adapun acuan atau inspirasi yang digunakan adalah beberapa rumah mode pengantin ternama  maupun perancang adi busana di dalam dan luar negeri.

Gambar

Kebaya Anne Avantie

Gambar

Alexander McQueen

Adapun metode penelitian yang digunakan dalam thesis ini adalah

Gambar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s